Manfaat Besar Perencanaan Asuransi Pendidikan

 Asuransi dapat membantu kita dalam mengelola keuangan dan juga dapat menghilangkan kekhawatiran yang selama ini membebani anda.  Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menawarkan dua kegunaan (dwiguna), yaitu fungsi proteksi dan investasi. Fungsi proteksi akan menanggung risiko kematian atas Anda dengan menjanjikan sejumlah uang tertentu bila Anda mengalami kejadian yang tidak terduga. Uang pertanggungan yang diberikan biasanya telah disesuaikan dengan biaya pendidikan anak Anda dan sudah disepakati di dalam polis.

Asuransi pendidikan memiliki karakteristik yaitu pengambilan investasi bisa disesuaikan dengan jadwal masuk sekolah anak Anda dan memberikan fungsi proteksi. Ini berarti ketersediaan dana pendidikan anak tetap terjamin meskipun risiko kematian terjadi pada diri Anda. Ada banyak kebutuhan yang dapat anda asuransikan, salah satunya adalah kebutuhan pendidikan, ini termasuk juga pendidikan untuk anak, untuk saudara, atau untuk orang lain yang anda sayangi. Dengan asuransi pendidikan, maka setidaknya pendidikan anak dan keluarga dapat terjamin.

Tapi sebelum anda memilih asuransi pendidikan, sudah tahukah anda apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi pendidikan? Dan apa sajakah manfaatnya? Nah, berkaitan dengan hal ini, ulasan tentang pengertian asuransi pendidikan dan manfaat asuransi pendidikan berikut ini mungkin dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Asuransi Pendidikan



Sebagai orang tua yang baik, sudah sewajarnya kita memberikan perhatian khusus terhadap apa yang dapat kita berikan kepada anak, apalagi masalah pendidikan yang pada dasarnya merupakan akar dari sebuah kesuksesan. Dengan asuransi pendidikan, ini tidak hanya menjamin ketika anda mengalami kesulitan keuangan saja, asuransi pendidikan juga menjamin ketika anda meninggal atau lumpuh sehingga menyebabkan anda tidak bisa mencari nafkah, alhasil anak yang anda tinggalkan tetap mendapatkan pertanggungan dana pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan
Terdapat tiga manfaat utama dari asuransi pendidikan yang akan anda dapatkan nantinya, yaitu manfaat investasi , perlindungan, dan juga fungsi keberlanjutan.

Manfaat investasi, ketika anda membayar premi kepada perusahaan asuransi, maka sebagian premi yang anda bayarkan tersebut akan dikelola dan di investasikan oleh perusahaan asuransi, dan premi tersebut dapat di investasikan di beberapa instrument investasi, misalkan di investasikan di reksadana saham. Kemudian anda akan menerima sejumlah dana dari perusahaan asuransi untuk membiayai kebutuhan pendidikan anak yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi.

Manfaat perlindungan, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa asuransi tidak hanya melindungi ketika anda mengalami kesulitan keuangan saja, bahkan ketika anda meninggal maka pendidikan anak masih akan terjamin, sehingga anda tidak perlu kuatir dengan pendidikan anak yang anda tinggalkan tersebut.

Fungsi keberlanjutan, ketika anda masih hidup/belum meninggal dan tidak mengalami cacat total tetap dalam masa, selain saldo dana investasi tersebut bisa digunakan untuk memenuhi biaya kebutuhan pendidikan anak hingga selesai pendidikannya, bisa juga dilanjutkan untuk dana pensiun, wisata, dan bahkan untuk warisan.


Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

Walaupun memiliki tujuan dan pengertian asuransi yang sama, asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda. Asuransi pendidikan adalah asuransi plus investasi untuk pendidikan, sedangkan tabungan pendidikan adalah investasi untuk pendidikan yang dilindungi dengan asuransi.

Tingkat keuntungan, tabungan pendidikan yang merupakan produk dari bank tentu saja menggunakan system bunga, dan jika bank sudah menentukan tingkat bunga maka keuntungan yang akan di dapatkan oleh nasabah sudah dapat dilihat. Jadi, ketika bank sudah menentukan tingkat bunga, maka keuntungannya sudah “pasti” dengan jumlah yang sesuai dengan tingkat bunga tersebut. Berbeda dengan asuransi pendidikan, karena dalam asuransi pendidikan dikelola dengan investasi. Tingkat keuntungan investasi ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, sehingga nilai dari investasi tersebut akan mengalami naik turun, dalam artian keuntungannya tidak pasti. Selain itu, keuntungan yang di dapat bisa jauh lebih tinggi dari tabungan pendidikan, namun risikonya juga jauh lebih besar.

Nilai perlindungan, dalam tabungan pendidikan biasanya anda tidak perlu membayar premi, alias gratis sehingga dana tanggungan yang dapat diberikan oleh bank sangat terbatas/kecil sekali, ini mungkin tidak akan maksimal untuk menjamin pendidikan buah hati anda. Tapi jika anda menggunakan produk asuransi pendidikan, jumlah pertanggungannya jauh lebih besar karena disini anda diwajibkan membayar premi.

Demikian mengenai asuransi pendidikan. Semoga dapat menambah dan meningkatkan wawasan and. Salam

0 Response to "Manfaat Besar Perencanaan Asuransi Pendidikan"

Posting Komentar